Renovasi rumah tinggal 10x22 di Madura

Desain Arsitektur untuk renovasi rumah 10x22 di Madura. Rumah tinggal sebagai tempat berlindung dari segala cuaca, terlindung dari teriknya sinar matahari dan terlindung dari hujan. Rumah juga sebagai sarana untuk berkumpul dengan keluarga serta melakukan aktifitas lain yang sifatnya pribadi. Rumah harus dapat menampung semua aktifitas seluruh penghuni rumah. Ibu Wahyu menghubungi kami, Jasa konsultan arsitek Surabaya (Adi Munandar Associate) untuk melakukan renovasi rumahnya yang berada di Pamekasan, Madura. Beliau berkeinginan untuk mengembangkan rumahnya dengan menambah beberapa ruang guna melengkapi komponen rumah yang sudah ada.

Bangunan rumah yang sudah ada tidak dibongkar namun ditambah luasan bangunannya dan diberi sentuhan finishing pada tampak depan eksisting. Rumah yang ditempati sekarang sudah berdiri atau telah terbangun namun belum selesai 100%. Tampak depan rumah ini tinggal di beri finishing. Rumah ini telah memiliki fasilitas ruang tamu, ruang keluarga yang 2 ruang tidur. Diharapkan bangunan rumah yang telah ada / Rumah eksisting tidak merubah banyak hal terutama posisi kamar yang ada tidak dirubah. Yang boleh dirubah adalah perletakkan dapur kotor.
Tampak depan renovasi rumah di Madura

denah renovasi
denah eksisting

Lokasi tanah rumah ini menghadap ke arah Timur, dengan ukuran tanah 10x22. Kebutuhan ruang untuk renovasi rumah ini, terdiri dari: Pengadaan ruang tidur utama yang memiliki fasilitas kamar mandi dalam. Adanya keinginan posisi ruang keluarga, ruang makan dan pengadaan dapur bersih (pantry) yang menghadap ke arah taman. Pemisahan dapur bersih dan dapur kotor. Pengadaan service area untuk ruang pembantu dengan kamar mandi tersendiri.

Langkah pertama yang dilakukan dalam merenovasi rumah di Madura ini adalah dengan mengelompokkan peberapa ruang yang sesuai dengan sifat ruang sehingga mudah untuk menatanya. Renovasi rumah ini terdiri dari 3 kelompok area, yakni: Area Privat: Kelompok area privat meliputi ruang tidur utama dengan fasilitas kamar mandi dalam beserta ruang ganti pakaian. Area semi publik: Kelompok area semi publik meliputi ruang keluarga, ruang makan serta pantry. Area Servis: Kelompok area servis meliputi dapur, ruang pembantu, km/wc, gudang dan jemuran + ruang cuci pakaian.

Sedangkan konsep perencanaan renovasi rumah Bapak Wahyu terdiri dari : Ruang tidur utama diletakkan di area lahan belakang karena lebih tenang. Karena bagian belakang berada di barat yang cenderung panas untuk itu perlu desain khusus yakni dengan menempatkan taman sebagai penghalang panas. Untuk kenyamanan ruang tidur utama digunakan sistem cross ventilation, aplikasinya dengan desain ventilasi silang dari 2 bukaan jendela yang saling berhadapan sehingga mendapatkan sirkulasi udara yang nyaman dari dua area taman. Taman yang sudah ada tetap dipertahankan sehingga bangunan ini memiliki 3 area taman agar ruang kumpul keluarga lebih segar dan sejuk.
skematik area publik, privat & service
  skematik area r.tidur utama & taman  

pergerakan udara dengan cross ventilation

Organisasi ruang tidur utama dibagi menurut aktifitasnya dan penempatannya yang nyaman sesuai dengan sirkulasi di ruang tidur utama. Ruang ini memiliki fasilitas penunjang yakni kamar mandi utama dan ruang ganti pakaian. Pintu ruang tidur dibuat tidak langsung melihat kasur namun sedikit dibelokkan sehingga lebih privat. Penempatan ruang ganti pakaian yang berdekatan dengan kamar mandi sehingga ruang tidur lebih rapi penempatan mebelnya.

Ruang keluarga dibuat lebih luas sebagai tempat berkumpul seluruh anggota keluarga. Ruang ini memiliki pemandangan menghadap ke arah 2 taman sehingga ruang keluarga terasa lebih lapang. Penempatannya integral dengan ruang makan dan pantry karena 3 ruang ini sebagai area semi public yang saling berhubungan. Sedangkan untuk akses area servis dibuat terpisah sehingga tidak perlu masuk melalui ruang bangunan utama. Dari garasi langsung menuju dapur. Dapur ini sebagai area pertemuan area servis dan bangunan utama.

Dari dapur sirkulasi liner kebelakang merupakan area servis yang meliputi dapur, ruang pembantu, km/wc, gudang, jemuran dan tempat cuci. Area jemur diletakkan dibelakang yang bersebrangan dengan taman belakang. Membuat bangunan semakin banyak angin yang masuk ke seluruh bagian bangunan. Semoga desain renovasi rumah di Madura ini dapat memberi manfaat bagi pemilik rumah.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan desain Arsitek untuk renovasi rumah & renovasi kantor anda silahkan menghubungi tim Arsitek "Adi Munandar & Associates" Konsultan Arsitek & Desain Interior (0852-30308464).
  skematik area publik & taman 
  skematik area service  


















2 komentar :

  1. Bentuk rumahnya simple & minimalis.


    Rumah Dijual

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas apresiasinya. Jika ingin membangun rumah di madura. Silahkan menghubungi 031.7043.3570

    BalasHapus