Desain Arsitektur Hotel Baratajaya Surabaya

Adimunandar Arsitek membuat konsep desain arsitektur hotel di Jl. Bratajaya Surabaya dengan desain yang merubah arsitektur ruko lama menjadi arsitektur Hotel Budget. Data eksisting yang nampak. Berupa wujud fisik 4 unit ruko lama dengan 3 lantai bangunan. Bisakah ruko lama diubah menjadi hotel. Bagaimana cara mengubah desain arsitektur ruko ini.

Hal pertama sebelum didesain, tim arsitek mengukur kondisisi eksiting. Digambar denah eksisting, dinding dinding lama & ukuran struktur bangunan lama, susunan kolom & balok yang ada di lokasi. Elevasi tiap lantai juga perlu diukur. Setelah mendapatkan denah eksisting, barulah dibuat desain hotel.

Yang dilakukan saat membuat denah hotel, kita perhatikan semua posisi kolom eksisting. Sebaiknya tidak muncul kolom ditengah ruangan kamar hotel. Menentukan sirkulasi pengunjung di lantai 2. Sirkulasi dibuat 2 jalur, kiri kanan. sehingga mendapatkan 2 blok kamar & 4 baris kamar memanjang kebelakang.

Diantara 2 jalur, dibuatkan jalur sirkulasi yang dapat menghubungkan 2 blok kamar. Di area penghubung ini dibuatkan juga sebagai area sirkulasi vertikal. Diletakkan lift & tangga utama di area penghubung ini.

Desain arsitektur tiap lantai sudah didapatkan pembagian ruangnya. Kemudian dibuat desain kamar. Tiap kamar memiliki desain yang berbeda karena adanya modul kolom eksisting yang harus dipertahankan. Sedangkan desain lantai 1, dibuat desain lobby yang digabung dengan kafe.

Untuk menghasilkan desain budget hotel yang baik. Diperlukan penambahan lantai untuk menambahkan jumlah kamar & menempatkan area service di lantai atap. Jadi desain arsitektur budget hotel ini memiliki 4 bangunan 4 lantai.

Tampilan arsitektur budget hotel dibuat simple moderen. Tampilan tampak depan yang terbentuk dari susunan jendela ditiap kamar & jendela di lorong hotel. Susunan jendela dibuat komposisi horisontal dengan penambahan kanopi & penebalan dinding dengan materal finishin ACP.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar