Dinamika Desain Kost Tropis moderen di Manado

Suatu proyek memiliki cerita yang berbeda. Dinamika desain di mulai dengan keadaadn eksisting lahan. Desain arsitektur kos yang sudah memiliki bangunan 1 lantai. Tim adi arsitek menyebut proses pembangunan kos di Manado sebagai dinamika desain kost tropis moderen di Manado. Mirip dengan proses rumah tumbuh. Dinamika adanya poses perubahan desain dan pembangunan yang bertahap. Mulai dari adanya bangunan lama 1 di rubah menjadi bangunan 2 lantai & adanya tambahan fasilitas bangunan toko & warung makanan.

Pak Erik Lasut sebagai owner kos, berusaha menghubungi adi arsitek untuk mengubah tampilan bangunan kos di Manado. Bangunan kos sebelumnya yang dianggap kurang menarik. Tim arsitek diberi data berupa foto bangunan eksisting. Dari foto ini dapat dipelajari dahulu beberapa data eksisting bangunan di lahan terbatas ini.

Di foto nampak bangunan lama yang kurang menarik tidak terlihat karena berada di lahan yang berkontur. Dengan posisi bangunan berada di lahan kontur dan kemiringan jalan yang tajam. Kami mengusulkan konsep desain bangunan tropis yang moderen. Bentuk bangunan kotak yang terlihat statis kami beri desain unsur bidang di daerah tampak depan. Tampilan tampak depan terlihat dinamis dengan membuat plat lantai & plat kanopi yang lebar. Bidang plat membentuk C terbalik.

Atap bangunan kami ubah menjadi atap lurus miring satu arah denagn kemiringan landai. Atap ini terlihat moderen. Atap terlihat plat melayang ringan. Pemberian kanopi di jendela lantai 1 dan lantai 2 memberi sentuhan moderen di tampak keseluruhan.

Desain bangunan nampak lebih dinamis dengan warna bangunan dibuat 2 warna, kuning muda & grey. Susunan komposisi warna didesain membentuk unsur vertikal karena deretan kamar yang dominan horisontal.

Denah bangunan tidak dibuat full bangunan. Di bagian kiri lahan tetap disisakan lahan kosong dibuat untuk taman kering. Hal ini menambah nilai lebih desain bangunan tropis. Dilahan sebelah kanan juga akan dibuat fasiltas warung makan. Desain warung dibuat semi permanen.










Tidak ada komentar :

Posting Komentar