Desain Arsitektur Rumah Unfinishing Rumah Minim Budget

Banyak orang mencari bagaimana cara arsitek mendesain rumah minim budget. Hal ini setelah saya lihat tulisan saya sebelumnya tentang Prinsip desain arsitektur rumah murah minim budget. Respon dari pembaca cukup besar, terutama mengenai desain arsitektur untuk rumah murah & desain arsitektur untuk rumah unfinishing. Di artikel arsitektur di atas dijelaskan bagaimana tips arsitek dalam memdesain rumah murah minim budget. Namun berapapun budget yang anda keluarkan tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan anda terhadap suatu rumah, untuk itu buat rencana pembangunan yang matang di mulai dari desain.

Aplikasi Desain Arsitektur Rumah Unfinishing Rumah Minim Budget. Di satu kesempatan, ada klien yang memiliki budget terbatas untuk pembangunan rumah. Namun Tampilan arsitektur rumah masih terlihat indah. Klien Arsitek berkata, bisa tidak dengan budget terbatas dapat membangun rumah sesuai kebutuhannya. Arsitek akan terus berusaha membuat desain arsitektur rumah minim budget dengan upaya desain rumah unfinishing.

Saya mencoba mendesain rumah minim budget pada lahan yang juga terbatas dan biaya Pembangunan yang terbatas. Saya melakukan beberapa analisa terhadap aspek non-teknik suatu bangunan. Budget suatu rumah dapat dipengaruhi juga oleh jumlah penghuni, gaya hidup, kebutuhan ruang. 3 hal ini dapat memengaruhi kenyamanan terhadap kebutuhan suatu rumah



Aplikasi desain ini, saya menghadirkan desain untuk pasangan muda dengan 1-2 anak. Kebutuha ruang hanya untuk tempat tidur dan berkumpul dengan keluarga. Sehingga lantai 1 digunakan untuk ruang publik yang juga dapat disebut ruang multifungsi. Sedangkan untuk lantai 2 hanya untuk ruang tidur. Dengan pengelompokan ruang secara vertikal ini, ruang yang tercipta lebih efektif.

Pada desain karya Adi Arsitek Surabaya untuk rumah budget, banyak olahan desain arsitektur yang sederhana namun tercipta estetika arsitektur yang indah. Aspek arsitektur yang tercipta dari olahan bentuk lantai 2 tidak nampak sejajar dengan lantai 1. Desain arsitektur bangunan nampak dinamis dengan adanya pola desain maju mundur lantai 1 dan lantai 2.

Rumah dibuat tidak terlalu lebar dan diletakkan di tengah lahan. Kanan kiri lahan masih ada space kosong untuk taman dan penghawaan alami. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan cross ventilasi yang optimal untuk menunjang konsep rumah green house. Bukaan yang lebar & banyak dapat mengalirkan udara alami keseluruh ruangan, menghindari penggunaan AC di dalam ruangan. Atap pelana yang lebar & penggunaan canopy beton untuk menambahkan keteduhan di dalam rumah unfinishing ini.

Rumah ini menampilkan desain arsitektur rumah unfinishing. Desain sederhana yang ditunjang tampilan simple dengan atap pelana. Bangunan dengan mengekspos strukur bangunan, kolom dan balok dibiarkan tanpa finishing cat dan dinding batu bata dibiarkan tidak diplester. Garis desain lurus vertikal nampak lebih tepat untuk rumah unfinishing ini. Tampilan arsitektur dengan garis desain sederhana dan bahan bangunan yang sederhana dapat menampilkan keindahan arsitektur rumah moderen pada rumah pojok ini. Untuk menambah informasi tentang wawasan arsitektur. Berikut ini meupakan data project dari desain arsitektur rumah unfinishing rumah minim budget, antara lain:

  1. Jenis Project: Rumah tinggal Unfinishing 2 lantai
  2. Pemilik Rumah : Prima Ikhsan
  3. Lokasi Rumah Unfinishing: Citra Harmoni
  4. Konsultan Arsitek rumah unfinishing: Adi Munandar



5 komentar :

  1. Infonya sangat menarik,

    Salut dengan desainnya :)

    by: JasaProyek.com

    BalasHapus
  2. Wow wow wow arsitek ya om. Mantap! Makasih om Buat inspirasi saya

    BalasHapus
  3. .: design yg menarik kawan, buat yg berkantong pas2an...^_^

    BalasHapus
  4. itu fasade tidak diplester aci apa tidak rembes ya :)

    BalasHapus
  5. Facade dengan tampilan batu bata ekspose seperti desain di atas, air hujan tidak akan terjadi merembes ke dalam. Jika menggunakan batu bata biasa hendaknya dicoathing.

    BalasHapus