Desain Arsitektur Rumah Tropikal Modern Kedinding Surabaya

Hasil karya arsitektur rumah merupakan proses diskusi antara arsitek dan pemilik rumah. Demikian juga yang terjadi di saaat proses desain rumah tropikal modern di Jl. Kedinding gang Manggis Surabaya. Pemilik rumah ini adalah Bapak Subairi. Warga negara Indonesia yang bertempat tinggal di 2209 14th Street, NW Washington, DC 20009 USA. Kerinduannya terhadap kampung halaman di Indonesia, menyebabkan Pak Subairi ingin memiliki rumah di Surabaya. Walaupun beliau sudah memiliki rumah baru di Madura. Namun rumah di Madura dirasakan kurang besar.

Berikut ini merupakan keinginan pemilik rumah yang disampaikan di email. Saya memiliki sebidang tanah seluas 12,5x20m. Atau 250M2. Design yg saya inginkan adalah tropikal modern / minimalis walaupun minimalis bukan yg saya maksud tapi karena minimalis adalah rumah yg disainnya yg sangat minim. Tapi yang saya ingin adalah rumah yg COZY ( nyaman) dan pengudaraan yg bagus dimana iklim Surabaya pengap dan panas. Untuk itu saya berharap agar rumah masa depan saya ini memberi kenyamanan for living. Karena penghematan daya listrik akan menjadikan Green house. Rumah ini di Desain tahun 2014 dan dibangun tahun 2014.

Tahap desain arsitektur rumah. Kami memulai dari mempelajari denah usulan dari pemilik rumah. Lalu kami modifikasi dengan konsep rumah green house. Memiliki tanah yang panjang memiliki potensi agar tercipta green house dengan cara memberikan bukaan area ini sebagai taman samping. Sebagai cara untuk mendapatkan udara segar dan mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari. hal ini terlihat dari tampak depan rumah. Bagian samping kiri tampak depan bangunan juga dibuat balkon sehingga terhubung dengan baik pergerakan sirkulasi udara dirumah ini. Balkon langsung terhubung dengan area taman samping.

Desain taman samping terhubung langsung dengan area living room. Area living room juga memiliki lubang void sehingga pencahayaan dan udara alami di dalam bangunan jadi baik. Hal ini dapat dilihat di foto interior ruang duduk.

Tampilan arsitektur rumah, tampak depan bangunan dibuat dengan desain tropis moderen. Bentuk bangunan lantai 2 lebih ditonjolkan dengan bentukan masif dan tambahan kanopi di area jendela bangunan. Area balkon yang dipakai sebagai roof garden memberikan kesan naungan yang ringan. Sebagai penyeimbang kompisisi dinding masif bangunan utama. Atap bangunan menggunakan atap miring 1 arah namun terlihat seperti atap datar dengan kemiringan sudut atap yang landai. Warna bangunan dibuat gelap terang menambah dinamika tampak depan bangunan










Tidak ada komentar :

Posting Komentar